Jumat, 20 November 2009

JOBSHETT BAN

SMK TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF

CHASIS

TINGKAT …

KONSRUKSI BAN

Waktu 4 x 40 menit

A. DASAR TEORI

Jalur – jalur pada permukaan ban depan mempunyai bentuk yang berlainan dengan jalur – jalur pada ban belakang.

- Ban depan

Jalur – jalurnya relative sempit dengan cprak yang sesuai dan tepat untuk melayani pengendalian sepeda motor secara aman. Corak serupa ini disebut Rib pattern / corak rusuk.

- Ban Belakang

Karena roda belakang sebagai penyalur tenaga yang dihasilkan oleh mesin, maka untuk mengefisiensikan tenaga semaksimal mungkin dibentuklah corak dari jalur – jalurnya yang ketat terhadap permukaan jalanan. Corak serupa ini disebut Block pattern / corak berbungkal ( corak renggut ).

- Fungsi ban dalam

Di dalam ban dibutuhkan sejumlah udara yang dapat membantu menyerap getaran dari jalan. Sebagai wadah dari udara dipasang ban dalam lengkap dengan klep pemasukan udara (pentil).


Ban depan pola kembang rib pattern Ban belakang pola kembang block pattern

- Kode Ban

2.75 - 18 - 4 PR/42P 100/90 – 18 – 56P

Keterangan : Keterangan :

2.75 = Lebar ban (inchi) 100 = Lebar ban (mm)

18 = Garis tengah lingkaran dalam ban ( inchi) 90 = Perbandingan tinggi dan lebar ban

4 PR = Jumlah lapisan penguat 18 = Garis tengah lingkaran dalam ban

42 = Kode beban maksimum 56 = Kode beban maksimum

P = Kode batas kecepatan P = Kode batas kecepatan

B. TUJUAN

Setelah selesai praktek siswa diharapkan dapat :

1. Melepas ban dari roda dengan urutan yang benar.

2. Mengetahui dan memahami konstruksi dan kede ban.

3. Mengetahui tekanan ban sesuai standar.

4. Memasang kembali ban dengan urutan yang benar.

C. ALAT DAN BAHAN

1. Satu unit mesin Yamaha F1Z R..

2. Tool box. Perbandingan tinggi dan lebar ban (dalam 96)

3. Jugil Ban.

4. Kunci pentil.

5. Balok penyangga

6. Regulator tekanan ban..

7. Nampan

8. Kain majun

D. KESELAMATAN KERJA

1. Gunakan alat sesuai dengan fungsinya.

2. Hindari tindakan yang dapat mengganggu keselamatan kerja

3. Segera bersihkan tempat kerja jika terdapat oli yang tercecer.

4. Pastikan saat melepas ban depan balok penyangga terpasang kuat pada blok mesin.

E. LANGKAH KERJA

1. Siapkan alat, bahan dan obyek praktek.

2. Tempatkan sepeda motor di lantai yang rata dengan penyangga tengah.

3. Lepas roda depan dan roda belakang.

4. Untuk roda depan pasang balok penyangga agar bagian depan motor tidak turun ke tanah.

5. Bukalah pentil agar tekanan udara keluar.

6. Lepaslah ban dalam dari velg dengan jugil ban.

7. Buatlah sketsa ban depan dan belakang. Gambarlah pola ban dan tulis kode ban.

8. Setelah selesai pasang kembali ban dan pompa ban dengan tekanan angin sesuai standar.

9. Rapikan alat dan bersihkan tempat kerja.

10. Buatlah laporan sementara hasil praktek

F. TUGAS

1. Buatlah laporan lengkap mengenai konstruksi ban depan dan belakang!

2. Buatlah sketsa ban dan pola ban. Cantumkan kode dan keterangannya!

3. Apa pengaruh yang ditimbulkan jika menggunakan ban yang tidak standar !

MENGETAHUI

INSTRUKTUR

Agus Budiman,S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar