SILABUS
Nama Sekolah : SMK MUTIARA TANJUNG ENIM
Mata Pelajaran : Memelihara Baterai
Kelas/Semester : XI / 3
Standar Kompetensi : Memelihara Baterai
Kode Standar Kompetesi : 020. KK. 15
Alokasi Waktu : 44 Jam Pelajaran
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
TM | PS | PI | ||||||
Menguji Baterai | Baterai diuji tanpa menyebabkan kerusakan Pembacaan hasil pengukuran elektrolit dengan Hydrometer pada baterai disesuaikan dengan stadar manual | Kontruksi Baterai Pemeriksaan dan pengujian baterai Pemeriksaan Elektrolit dengan Hydrometer Tes | Menggali informasi tentang pengelompokan baterai pada pekerjaan otomotif dari berbagai informasi Mendiskusikan dan menentukan jenis baterai pada pekerjaan otomotif Mendiskusikan berbagai kegunaan baterai pada pekerjaan otomotif Mempelajari kontruksi baterai Mempelajari reaksi nimia yang terjadi pada baterai Mempelajari pemeriksaan baterai secara visual Mempelajari batas elektrolit yang ideal pada baterai Mencari informasi tentang Hydrometer Tes Mempelajari cara menggunakan Hydrometer Mengobservasi penggunaan alat ukur Hydrometer secara perorangan pada bengkel dan baterai dan dibandingkan sesuai standar manual | Tes tertulis Porto folio | 8 | 16 | - | Modul, buku referensi, internet Alat ukur Hydrometer Baterai 12 Volt Bengkel Otomotif |
Memperbaiki baterai | Alat dan bahan untuk servis dipilih dan dijelaskan sesuai fungsinya Tata cara memperbaiki baterai sesuai dengan intruksional manual | Prosedur servis baterai | Mencari informasi tentang prosedur servis baterai yang benar dan diinterprestasikan sesuai dengan estándar pabrik Mengamati kondisi baterai secara visual, dan pemeriksaan elektrolit Melaksanakan perbaikan baterai pada tegangan 12 Volt dengan memperhatikan prosedur kerja | Tes tertulis Prakrik | 4 | 8 | | Modul, buku referensi, internet Alat ukur Hydrometer Baterai 12 Volt Bengkel Otomotif |
Merawat baterai | Tata cara perawatan baterai sesuai intruksional manual Pembersihan baterai secara periodic berdasarkan informasi dari pabrik | Perawatan baterai Mengisi baterai | Mencari informasi tentang perawatan baterai secara berkala dari berbagai sumber Melaksanakan pembersihan pada kutub-kutub baterai dari korosi Melaksanakan pemeriksaan level elektrolit pada tiap selnya secara berkala dan dibandingkan dengan standar manual Melaksanakan pengisian baterai secara normal Melaksanakan pengisikan baterai cepat Mempelajari cara-cara penyambungan pada pengisian baterai | Tes tertulis Unjuk kerja | 6 | | | Modul, buku referensi, internet Alat ukur Hydrometer Baterai 12 Volt Bengkel Otomotif |
Menjumper Baterai | Alat dan bahan untuk menjumper baterai Langkah kerja untuk prosedur yang aman pada saat bekerja | Jump starting kendaraan | Mempelajari informasi pengantar praktik jumping kendaraan tanpa beban Mempelajari informasi prosedur melakukan Jump Start dengan aman dan benar Melaksanakan jump Stara sesuai dengan panduan manual Mempelajari kendaraan yang diground positif | Tes tertulis Praktik | 6 | 12 | | Modul, buku referensi, internet Alat ukur Hydrometer Baterai 12 Volt Bengkel Otomotif |
Keterangan :
TM : Tatap muka
PS : Praktik disekolah ( 2 jam praktik disekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktik di Industri ( 4 jam di DU/DI setara dengan 1 jam tatap muka)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK MUTIARA TANJUNG ENIM
Mata Pelajaran : Memelihara Baterai
Kelas/Semester : XI / semester 3
Alokasi Waktu : 10 jam Pelajaran
Standar Kompetensi : Memelihara Baterai
Kode Standar Kompetensi : 020. KK.15
Kompetensi Dasar : Menguji Baterai
Indikator : 1.1 Baterai diuji tanpa menyebabkan kerusakan
1.2 Pembacaan hasil pengukuran elektrolit dengan Hydrometer pada baterai disesuaikan dengan stadar manual
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta didik dapat :
1. Mengetahui jenis-jenis baterai yang sering digunakan pada perlengkapan otomotif dan kehidupan sehari-hari
2. Memahami kontruksi baterai
3. Melakukan pemeriksaan visual pada baterai
4. Melaksanakan pengukuran elektrolit pada baterai
B. Materi Ajar
1. Penjelasan baterai
2. Fungsi baterai
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demostrasi
3. Praktik
4. Tanya jawab
5. Diskusi
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Awal : (15 menit)
- Mobil mengambil tenaga berasal dari mana?
- Memperhatikan pentingnya kompetensi menguji baterai pada pekerjaan otomotif
Kegiatan Inti : (9 x 45 menit)
- Mempelajari pengantar praktik baterai dan pembacaan part book
- Mempelajari jenis-jenis baterai dan fungsinya masing-masing
- Mempelajari proses kimia yang terjadi pada baterai
Kegiatan Akhir (30 menit)
- Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Peserta didik diberi tugas mencari contoh baterai primer dan sekunder di sekitar rumahnya
Pertemua ke 2
Kegiatan Awal :
Apa saja yang termasuk dengan baterai sekunder
Kegiatan Inti :
- Mencari informasi tentang kontruksi baterai
- Menjelaskan ranting kapasitas baterai
- Mendiskusikan stiker spesifikasi pada baterai
Kegiatan Akhir (30 menit)
- Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Siswa diberikan tugas mengamati stiker spesifikasi yang ada dipasaran
Pertemuan Ke 3
Kegiatan Awal
Apersepsi : baterai mempunyai kutub apa saja
Kegiatan Inti :
- Melaksanakan pengamatan secara visual terhadap baterai
- Melaksanakan pengukuran tegangan pada baterai
- Mempelajari rumus dasar menentukan berat jenis baterai
- Melaksanakan pengukuran elektrolit pada baterai dan diinterprestasikan sesuai standarn pabrik
- Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil pengukuran elektrolit
- Menilai hasil laporan pelaksanaan pengukuran elektrolit pada baterai
- Menyimpulkan hasil penguasaan kompetensi menguji baterai yang dikuasai oleh peserta didik
E. Alat , Bahan dan sumber belajar
1. Alat
1.1. Hydrometer Tes, Multitester
2. Bahan
2.1. Baterai 12 Volt
2.2. Majun
3. Sumber Belajar
3.1. Instruction Manual
3.2. Operation Manual
3.3. Part Book
3.4. Modul
3.5 Buku dan Internet
F. Penilaian
Lembaran Pengamatan Praktek (Daftar Cek List) terlampir
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK MUTIARA TANJUNG ENIM
Mata Pelajaran : Memelihara Baterai
Kelas/Semester : XI / semester 3
Alokasi Waktu : 10 jam Pelajaran
Standar Kompetensi : Memelihara Baterai
Kode Standar Kompetensi : 020. KK.15
Kompetensi Dasar : Memperbaiki Baterai
Indikator : Alat dan bahan untuk servis dipilih dan dijelaskan sesuai fungsinya
Tata cara memperbaiki baterai sesuai dengan intruksional manual
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta didik dapat :
1. Mengetahui cara-cara menservis baterai yang baik dan benar
2. Memahami kapan baterai harus diservis
3. Melakukan pemeriksaan visual pada baterai
B. Materi Ajar
1. Prosedur servis baterai
2. Pemeriksaan level elektrolit
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demostrasi
3. Praktik
4. Tanya jawab
5. Diskusi
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Awal : (15 menit)
- Mobil mengambil tenaga berasal dari mana?
- Memperhatikan pentingnya kompetensi menguji baterai pada pekerjaan otomotif
Kegiatan Inti : (9 x 45 menit)
- Mempelajari pengantar praktik baterai dan pembacaan part book
- Mempelajari jenis-jenis baterai dan fungsinya masing-masing
- Mempelajari proses kimia yang terjadi pada baterai
Kegiatan Akhir (30 menit)
- Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Peserta didik diberi tugas mencari contoh baterai primer dan sekunder di sekitar rumahnya
Pertemua ke 2
Kegiatan Awal :
Apa saja yang termasuk dengan baterai sekunder
Kegiatan Inti :
- Mencari informasi tentang kontruksi baterai
- Menjelaskan ranting kapasitas baterai
- Mendiskusikan stiker spesifikasi pada baterai
Kegiatan Akhir (30 menit)
- Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
- Siswa diberikan tugas mengamati stiker spesifikasi yang ada dipasaran
Pertemuan Ke 3
Kegiatan Awal
Apersepsi : baterai mempunyai kutub apa saja
Kegiatan Inti :
- Melaksanakan pengamatan secara visual terhadap baterai
- Melaksanakan pengukuran tegangan pada baterai
- Mempelajari rumus dasar menentukan berat jenis baterai
- Melaksanakan pengukuran elektrolit pada baterai dan diinterprestasikan sesuai standarn pabrik
- Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil pengukuran elektrolit
- Menilai hasil laporan pelaksanaan pengukuran elektrolit pada baterai
- Menyimpulkan hasil penguasaan kompetensi menguji baterai yang dikuasai oleh peserta didik
- Alat , Bahan dan sumber belajar
1. Alat
1.1. Hydrometer Tes, Multitester
2. Bahan
2.1. Baterai 12 Volt
2.2. Majun
3. Sumber Belajar
3.1. Instruction Manual
3.2. Operation Manual
3.3. Part Book
3.4. Modul
3.5 Buku dan Internet
- Penilaian
Lembaran Pengamatan Praktek (Daftar Cek List) terlampir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar