Selasa, 08 September 2009

bATERAI

SILABUS

Nama Sekolah : SMK MUTIARA TANJUNG ENIM

Mata Pelajaran : Memelihara Baterai

Kelas/Semester : XI / 3

Standar Kompetensi : Memelihara Baterai

Kode Standar Kompetesi : 020. KK. 15

Alokasi Waktu : 44 Jam Pelajaran

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

TM

PS

PI

Menguji Baterai

Baterai diuji tanpa menyebabkan kerusakan

Pembacaan hasil pengukuran elektrolit dengan Hydrometer pada baterai disesuaikan dengan stadar manual

Kontruksi Baterai

Pemeriksaan dan pengujian baterai

Pemeriksaan Elektrolit dengan Hydrometer Tes

Menggali informasi tentang pengelompokan baterai pada pekerjaan otomotif dari berbagai informasi

Mendiskusikan dan menentukan jenis baterai pada pekerjaan otomotif Mendiskusikan berbagai kegunaan baterai pada pekerjaan otomotif

Mempelajari kontruksi baterai Mempelajari reaksi nimia yang terjadi pada baterai

Mempelajari pemeriksaan baterai secara visual

Mempelajari batas elektrolit yang ideal pada baterai

Mencari informasi tentang Hydrometer Tes

Mempelajari cara menggunakan Hydrometer

Mengobservasi penggunaan alat ukur Hydrometer secara perorangan pada bengkel dan baterai dan dibandingkan sesuai standar manual

Tes tertulis

Porto folio

8

16

-

Modul, buku referensi, internet

Alat ukur Hydrometer

Baterai 12 Volt

Bengkel Otomotif

Memperbaiki baterai

Alat dan bahan untuk servis dipilih dan dijelaskan sesuai fungsinya

Tata cara memperbaiki baterai sesuai dengan intruksional manual

Prosedur servis baterai

Mencari informasi tentang prosedur servis baterai yang benar dan diinterprestasikan sesuai dengan estándar pabrik

Mengamati kondisi baterai secara visual, dan pemeriksaan elektrolit

Melaksanakan perbaikan baterai pada tegangan 12 Volt dengan memperhatikan prosedur kerja

Tes tertulis

Prakrik

4

8

Modul, buku referensi, internet

Alat ukur Hydrometer

Baterai 12 Volt

Bengkel Otomotif

Merawat baterai

Tata cara perawatan baterai sesuai intruksional manual

Pembersihan baterai secara periodic berdasarkan informasi dari pabrik

Perawatan baterai

Mengisi baterai

Mencari informasi tentang perawatan baterai secara berkala dari berbagai sumber

Melaksanakan pembersihan pada kutub-kutub baterai dari korosi

Melaksanakan pemeriksaan level elektrolit pada tiap selnya secara berkala dan dibandingkan dengan standar manual

Melaksanakan pengisian baterai secara normal

Melaksanakan pengisikan baterai cepat

Mempelajari cara-cara penyambungan pada pengisian baterai

Tes tertulis

Unjuk kerja

6

Modul, buku referensi, internet

Alat ukur Hydrometer

Baterai 12 Volt

Bengkel Otomotif

Menjumper Baterai

Alat dan bahan untuk menjumper baterai

Langkah kerja untuk prosedur yang aman pada saat bekerja

Jump starting kendaraan

Mempelajari informasi pengantar praktik jumping kendaraan tanpa beban

Mempelajari informasi prosedur melakukan Jump Start dengan aman dan benar

Melaksanakan jump Stara sesuai dengan panduan manual

Mempelajari kendaraan yang diground positif

Tes tertulis

Praktik

6

12

Modul, buku referensi, internet

Alat ukur Hydrometer

Baterai 12 Volt

Bengkel Otomotif

Keterangan :

TM : Tatap muka

PS : Praktik disekolah ( 2 jam praktik disekolah setara dengan 1 jam tatap muka)

PI : Praktik di Industri ( 4 jam di DU/DI setara dengan 1 jam tatap muka)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMK MUTIARA TANJUNG ENIM

Mata Pelajaran : Memelihara Baterai

Kelas/Semester : XI / semester 3

Alokasi Waktu : 10 jam Pelajaran

Standar Kompetensi : Memelihara Baterai

Kode Standar Kompetensi : 020. KK.15

Kompetensi Dasar : Menguji Baterai

Indikator : 1.1 Baterai diuji tanpa menyebabkan kerusakan

1.2 Pembacaan hasil pengukuran elektrolit dengan Hydrometer pada baterai disesuaikan dengan stadar manual

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta didik dapat :

1. Mengetahui jenis-jenis baterai yang sering digunakan pada perlengkapan otomotif dan kehidupan sehari-hari

2. Memahami kontruksi baterai

3. Melakukan pemeriksaan visual pada baterai

4. Melaksanakan pengukuran elektrolit pada baterai

B. Materi Ajar

1. Penjelasan baterai

2. Fungsi baterai

C. Metode Pembelajaran

1. Ceramah

2. Demostrasi

3. Praktik

4. Tanya jawab

5. Diskusi

D. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan Awal : (15 menit)

  1. Mobil mengambil tenaga berasal dari mana?
  2. Memperhatikan pentingnya kompetensi menguji baterai pada pekerjaan otomotif

Kegiatan Inti : (9 x 45 menit)

  1. Mempelajari pengantar praktik baterai dan pembacaan part book
  2. Mempelajari jenis-jenis baterai dan fungsinya masing-masing
  3. Mempelajari proses kimia yang terjadi pada baterai

Kegiatan Akhir (30 menit)

  1. Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
  2. Peserta didik diberi tugas mencari contoh baterai primer dan sekunder di sekitar rumahnya

Pertemua ke 2

Kegiatan Awal :

Apa saja yang termasuk dengan baterai sekunder

Kegiatan Inti :

  1. Mencari informasi tentang kontruksi baterai
  2. Menjelaskan ranting kapasitas baterai
  3. Mendiskusikan stiker spesifikasi pada baterai

Kegiatan Akhir (30 menit)

  1. Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
  2. Siswa diberikan tugas mengamati stiker spesifikasi yang ada dipasaran

Pertemuan Ke 3

Kegiatan Awal

Apersepsi : baterai mempunyai kutub apa saja

Kegiatan Inti :

  1. Melaksanakan pengamatan secara visual terhadap baterai
  2. Melaksanakan pengukuran tegangan pada baterai
  3. Mempelajari rumus dasar menentukan berat jenis baterai
  4. Melaksanakan pengukuran elektrolit pada baterai dan diinterprestasikan sesuai standarn pabrik
  5. Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil pengukuran elektrolit

Kegiatan Akhir

  1. Menilai hasil laporan pelaksanaan pengukuran elektrolit pada baterai
  2. Menyimpulkan hasil penguasaan kompetensi menguji baterai yang dikuasai oleh peserta didik

E. Alat , Bahan dan sumber belajar

1. Alat

1.1. Hydrometer Tes, Multitester

2. Bahan

2.1. Baterai 12 Volt

2.2. Majun

3. Sumber Belajar

3.1. Instruction Manual

3.2. Operation Manual

3.3. Part Book

3.4. Modul

3.5 Buku dan Internet

F. Penilaian

Lembaran Pengamatan Praktek (Daftar Cek List) terlampir

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMK MUTIARA TANJUNG ENIM

Mata Pelajaran : Memelihara Baterai

Kelas/Semester : XI / semester 3

Alokasi Waktu : 10 jam Pelajaran

Standar Kompetensi : Memelihara Baterai

Kode Standar Kompetensi : 020. KK.15

Kompetensi Dasar : Memperbaiki Baterai

Indikator : Alat dan bahan untuk servis dipilih dan dijelaskan sesuai fungsinya

Tata cara memperbaiki baterai sesuai dengan intruksional manual

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini diharapkan peserta didik dapat :

1. Mengetahui cara-cara menservis baterai yang baik dan benar

2. Memahami kapan baterai harus diservis

3. Melakukan pemeriksaan visual pada baterai

B. Materi Ajar

1. Prosedur servis baterai

2. Pemeriksaan level elektrolit

C. Metode Pembelajaran

1. Ceramah

2. Demostrasi

3. Praktik

4. Tanya jawab

5. Diskusi

D. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan Awal : (15 menit)

  1. Mobil mengambil tenaga berasal dari mana?
  2. Memperhatikan pentingnya kompetensi menguji baterai pada pekerjaan otomotif

Kegiatan Inti : (9 x 45 menit)

  1. Mempelajari pengantar praktik baterai dan pembacaan part book
  2. Mempelajari jenis-jenis baterai dan fungsinya masing-masing
  3. Mempelajari proses kimia yang terjadi pada baterai

Kegiatan Akhir (30 menit)

  1. Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
  2. Peserta didik diberi tugas mencari contoh baterai primer dan sekunder di sekitar rumahnya

Pertemua ke 2

Kegiatan Awal :

Apa saja yang termasuk dengan baterai sekunder

Kegiatan Inti :

  1. Mencari informasi tentang kontruksi baterai
  2. Menjelaskan ranting kapasitas baterai
  3. Mendiskusikan stiker spesifikasi pada baterai

Kegiatan Akhir (30 menit)

  1. Bersama dengan siswa menyimplkan materi yang telah dikuasai peserta didik
  2. Siswa diberikan tugas mengamati stiker spesifikasi yang ada dipasaran

Pertemuan Ke 3

Kegiatan Awal

Apersepsi : baterai mempunyai kutub apa saja

Kegiatan Inti :

  1. Melaksanakan pengamatan secara visual terhadap baterai
  2. Melaksanakan pengukuran tegangan pada baterai
  3. Mempelajari rumus dasar menentukan berat jenis baterai
  4. Melaksanakan pengukuran elektrolit pada baterai dan diinterprestasikan sesuai standarn pabrik
  5. Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil pengukuran elektrolit

Kegiatan Akhir

  1. Menilai hasil laporan pelaksanaan pengukuran elektrolit pada baterai
  2. Menyimpulkan hasil penguasaan kompetensi menguji baterai yang dikuasai oleh peserta didik

  1. Alat , Bahan dan sumber belajar

1. Alat

1.1. Hydrometer Tes, Multitester

2. Bahan

2.1. Baterai 12 Volt

2.2. Majun

3. Sumber Belajar

3.1. Instruction Manual

3.2. Operation Manual

3.3. Part Book

3.4. Modul

3.5 Buku dan Internet

  1. Penilaian

Lembaran Pengamatan Praktek (Daftar Cek List) terlampir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar