Selasa, 08 September 2009




Selengkapnya...

IPA

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK MUTIARA

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM

KELAS/SEMESTER : XI / 1 dan 2

STANDAR KOMPETENSI : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya

KODE KOMPETENSI :

ALOKASI WAKTU : 64 x 45 Menit


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

PS

PI

2. 1 Mengidentifikasi jenis limbah

- Pengertian limbah dijelaskan dengan benar.

- Jenis-jenis limbah diidentifikasi berdasarkan jenis senyawanya

- Jenis-jenis limbah diidentifikasi berdasarkan wujudnya

- Jenis-jenis limbah diidentifikasi berdasarkan sumbernya

- Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan diidentifikasi berdasarkan proses daur ulang

- Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan diidentifikasi berdasarkan proses tanpa daur ulang

- Jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah diidentifikasi berdasarkan proses daur ulang

- Jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah diidentifikasi berdasarkan proses tanpa daur ulang

Limbah dan Jenisnnya :

· Pengertian

· Jenis limbah

· Pemanfaatan limbah

- Diskusi dan informasi tentang pengertian limbah di lingkungan

- Mengidentifikasi limbah berdasarkan jenis senyawanya, wujud, dan sumbernya.

- Mendata dan mengidentifikasi jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang.

- Mengidentifikasi jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

- Diskusi tentang hasil kegiatan.

- Tes tertulis

- Penilaian proses

- Tugas

4

- Buku Refrensi atau Media Lain yang Relevan

- Lingkungan kerja

2. 2 Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja

- Jenis-jenis polusi dan polutan didentifikasi berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja.

- Polutan didentifikasi berdasarkan jenis senyawa,

- Polutan didentifikasi berdasarkan wujudnya

- Polutan didentifikasi berdasarkan sifatnya

- Jenis-jenis polutan yang terdapat di udara pada lingkungan kerja diidentifikasi berdasarkan sifatnya

- Jenis-jenis polutan yang terdapat di air pada lingkungan kerja diidentifikasi berdasarkan sifatnya

- Jenis-jenis polutan yang terdapat di tanah pada lingkungan kerja diidentifikasi berdasarkan sifatnya

- Jenis polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang diidentifikasi berdasarkan bahan dasarnya

- Jenis polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan dengan daur ulang diidentifikasi berdasarkan bahan dasarnya

Polusi di Lingkungan Kerja :

· Pengertian

· Jenis-jenis polutan berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sifatnya

· Jenis-jenis polutan yang terdapat di udara, air, tanah

· Jenis polutan yang dapat dimanfaatkan

- Mengidentifikasi jenis-jenis polusi dan polutan berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja.

- Mengidentifikasi polutan berdasarkan jenis senyawa, wujud, dan sifatnya

- Diskusi dan informasi tentang jenis-jenis polutan yang terdapat di udara, air, dan tanah pada lingkungan kerja.

- Identifikasi Jenis polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang.

- Membuat karya ilmiah tentang jenis polusi, jenis polutan di lingkungan kerja berdasarkan hasil pengamatan lingkungan kerja.

- Tes tertulis.

- Tugas

8

6

(24)

- Buku Refrensi atau Media Lain yang Relevan

- Lingkungan Kerja

2. 3 Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan

- Dampak polusi terhadap penurunan kualitas hidup manusia dideskripsikan berdasarkan jenis polusinya

- Dampak polusi yang ada dilingkungan kerja terhadap kesehatan manusia dideskripsikan berdasarkan jenis polusinya

- Dampak polusi yang ada dilingkungan kerja terhadap lingkungan dideskripsikan berdasarkan jenis polusinya

- Karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan dibuat berdasarkan pengkajian literatur.

Dampak Polusi Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan

- Diskusi dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

- Mendeskripsikan dampak polusi yang ada dilingkungan kerja terhadap kesehatan manusia dan lingkungan

- Membuat karya ilmiah tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan melalui pengkajian literatur.

- Tes Tertulis

- Tugas

2

4

(8)

- Buku Refrensi atau Media Lain yang Relevan

- Lingkungan Kerja

2. 4 Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah

- Cara-cara menangani limbah dideskripsikan sesuai dengan sifat dan wujud limbahnya

- Cara membuat kompos dari limbah alami dideskripsikan sesuai dengan prosedur pembutannya

- Cara membuat kertas daur ulang dideskripsikan sesuai dengan prosedur pembutannya

- Model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di industri dideskripsikan sesuai dengan hasil kunjungan industri yang memiliki instalasi pengolahan limbah.

- Karya ilmiah tentang cara penanganan limbah melalui pengkajian literatur dan kunjungan ke industri yang memiliki instalasi pengolahan limbah dibuat sesuai dengan aturan penyusunan karya ilmiah

Cara-Cara Penanganan Limbah :

· Model Penanganan Limbah

· Pembuatan Kompos

· Pembuatan Kertas Daur Ulang

- Mendiskusikan cara-cara menangani limbah

- Melakukan studi literatur untuk mencari cara membuat kompos dan kertas daur ulang.

- Praktik membuat kompos dari limbah alami.

- Praktik membuat kertas daur ulang.

- Membuat model penanganan limbah berdasarkan hasil studi di industri.

- Diskusi dan informasi tentang pembuatan kompos, pembuatan kertas daur ulang, dan model penanganan limbah

- Membuat karya ilmiah tentang cara penanganan limbah melalui pengkajian literatur dan kunjungan ke industri yang memiliki instalasi pengolahan limbah.

- Tes Tertulis

- Tugas

- Penilaian proses.

2

28

(56)

10

(40)

- Buku Refrensi atau Media Lain yang Relevan

- Lingkungan Kerja

Keterangan:

TM : Tatap Muka

PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)

PI : Praktek di Industri (4 jam praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK MUTIARA

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester : 10 / 1

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran @ 45 menit (180 menit)

Standar Kompetensi : Memahami polusi dan dampaknya pada manusia dan lingkungannya

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis limbah

I. INDIKATOR

Pertemuan 1

v Pengertian limbah dijelaskan dengan benar

v Jenis-jenis limbah diidentifikasi berdasarkan jenis senyawanya

v Jenis-jenis limbah diidentifikasi berdasarkan wujudnya

v Jenis-jenis limbah diidentifikasi berdasarkan sumbernya

Pertemuan 2

v Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan diidentifikasi berdasarkan proses daur ulang

v Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan diidentifikasi berdasarkan proses tanpa daur ulang

v Jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah diidentifikasi berdasarkan proses daur ulang

v Jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah diidentifikasi berdasarkan proses tanpa daur ulang

II. TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan pembelajaran pada mata pelajaran ini adalah peserta didik dapat mengidentifikasi jenis limbah

Pertemuan 1

Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat :

v Menjelaskan pengertian limbah dengan benar

v Mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawanya

v Mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan wujudnya

v Mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan sumbernya

Pertemuan 2

v Mengidentifikasi jenis limbah yang dapat dimanfaatkan berdasarkan proses daur ulang

v Mengidentifikasi jenis limbah yang dapat dimanfaatkan berdasarkan proses tanpa daur ulang

v Mengidentifikasi jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah berdasarkan proses daur ulang

v Mengidentifikasi jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah berdasarkan proses tanpa daur ulang

III. MATERI AJAR

Limbah dan jenisnya :

v Pengertian Limbah

v Jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sumbernya

v Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

v Jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

IV. METODE PEMBELAJARAN

v Ceramah

v Tanya Jawab

v Kerja kelompok

v Diskusi

v Presentasi

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

a. Kegiatan Awal (15’)

v Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek

v Guru mengadakan tanya jawab tentang kondisi lingkungan yang ada di sekitar kita, kota dan negara Indonesia

v Guru menjelaskan topik, tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari, strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari

v Guru mengadakan pre test tentang limbah dan jenisnya

b. Kegiatan Inti (55’)

v Guru menjelaskan definisi limbah

v Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok

v Guru membagi lembar diskusi untuk masing-masing kelompok

v Secara berkelompok @ 6 orang peserta didik mengidentifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sumbernya

v Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang identifikasi jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sumbernya

v Guru melakukan klarifikasi hasil diskusi tentang jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sumbernya

c. Kegiatan Akhir (20’)

v Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sumbernya

v Peserta didik mengerjakan tes formatif

v Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran

v Pembelajaran ditutup dengan doa

Pertemuan 2

a. Kegiatan Awal (10’)

v Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri siswa bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek

v Guru mengadakan tanya jawab tentang jenis-jenis limbah berdasarkan jenis senyawa, wujud dan sumbernya

v Guru menjelaskan topik, tujuan & manfaat kompetensi yang akan dipelajari, strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari

b. Kegiatan Inti (60’)

v Guru menjelaskan jenis-jenis limbah

v Peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok

v Guru membagi lembar diskusi untuk masing-masing kelompok

v Masing-masing kelompok @ 6 orang peserta didik melakukan observasi terhadap kegiatan yang ada disekolah (termasuk bengkel), kemudian mengidentifikasi :

1. Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

2. Jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

v Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya tentang:

a. Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

b. Jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

v Guru melakukan klarifikasi hasil diskusi tentang jenis limbah yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang serta jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

c. Kegiatan Akhir (20’)

v Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang jenis limbah yang dapat dimanfaatkan dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang serta jenis barang yang berasal dari pemanfaatan limbah dengan proses daur ulang dan tanpa daur ulang

v Peserta didik mengerjakan tes formatif

v Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran

v Pembelajaran ditutup dengan doa

VI. ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

v Lembar diskusi

v Soal post test beserta perangkat penilaiannya

v Modul/bahan referensi

v Lembar diskusi

v Sekolah (bengkel) sebagai sumber belajar

VII. Penilaian

v Tes teori (tertulis) bentuk essay

v Tugas berupa hasil diskusi kelompok

  1. Sebutkan jenis-jenis limbah berdasarkan sumbernya
  2. Sebutkan limbah yang dapat didaur ulang dan tidak dapat didaur ulang yang ada disekitar kalian?
Selengkapnya...