Sabtu, 29 Agustus 2009

IPA 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar (KD) : 1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada

mahluk

Indikator : 1. Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan

perkembangan mahluk hidup

2. Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada

mahluk hidup

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Menjelaskan tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan

2. Menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup

3. Mendeskripsikan perbedaan metamorfosis dan metagenesis mahluk hidup

4. Melakukan percobaan pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya

B. Materi Pembelajaran

1. Pertumbuhan dan Perkembangan

C. Metode Pembalajaran

1. Pendekatan

2. Metode Pembelajaran

- Diskusi Kelompok

- Eksperimen

3. Model Pembelajaran

- Direct Instruction (DI)

- Cooperative Learning (CL)

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Ø Bagaimanakah mahluk hidup bisa bertambah besar dan tinggi ?

b. Prasyarat

Ø Apakah pertumbuhan dan perkembangan itu ?

Ø Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

c. Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar

d. Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil kegiatan tentang perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

e. Guru menugaskan peserta didik untuk melakukan pengamatan proses pertumbuhan kecambah di rumah

3. Penutup

  1. guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil pengamatan siswa terhadap pertumbuhan kecambah
  2. Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
  3. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja diajarkan
  4. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan

Pertemuan 2

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Motivasi

Ø Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan ?

2. Kegiatan Inti

a. Melakukan diskusi kelas, gurur memberikan informasi tentang metamorfosis pada berbagai hewan.

b. Guru memberikan informasi tentang metagenesis pada tumbuhan paku dan lumut

c. Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas untuk membandingkan anatara metamorsis dan metagenensis

d. Peserta didik dalam kelompok, melakukan eksperimen proses pertumbuhan dan tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya

e. Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS

3. Penutup

a. Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok

b. Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman

c. Guru memebrikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja diajarkan

d. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal

E. Sumber Belajar

1. Buku Siswa

2. Carta metamorfosi dan metagenesis

3. Video pertumbuhan dan perkembangan

4. LKS

5. Buku referensi

F. Penilaian

1. Teknik : Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen : Uraian, Lisan

3. Soal Instrumen

1. Tes Uraian: Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhandan perkembangan pada mahluk hiudp

2. Isian: Perubahan bentuk tubuh dari berudu hingga menjadi katak dewasa disebut….

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar (KD) : 1.2 Mendeskripsikan tehapan perkembangan manusia

Indikator : 1. Menjelaskan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-

anak, remaja dan dewasa.

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Mendeskripsikan proses perkembangan manusia

2. mengurutkan tahap-tahap perkembangan pada manusia (bayi, anak-anak, remaja dan dewasa).

B. Materi Pembelajaran

1. Perkembangan manusia

C. Metode Pembalajaran

1. Pendekatan

2. Metode Pembelajaran

- Diskusi Kelompok

3. Model Pembelajaran

- Cooperative Learning (CL)

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

Kegiatan Pedahuluan

1. Motivasi

Ø Samakah perkembangan tumbuhan dengan manusia ?

a. Prasyarat pengetahuan

Ø Bagaimanakah tahapan perkembangan pada manusia ?

b. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru memimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Secara kelompok peserta didik mendiskusikan tahapan-tahapan perkembangan manusia

c. Melalui diskusi kelas, peserta didik diberi tugas membandingkan cirri anak-anak dan remaja

3. Penutup

a. Guru berrsama peserta didik melakukan diskusi kelas dari hasil pengamatan siswa

b. Guru beserta peserta didik membuat rangkuman

c. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja diajarkan

d. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan

E. Sumber Belajar

1. Buku Siswa

2. Carta metamorfosi dan metagenesis

3. LKS

4. Buku referensi

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Uraian, Isian
  3. Soal Instrumen

1. Tes Isian

Perkembangan remaja terjadi pada usia antara…..tahun, hingga….tahun

2. Tes Uraian

Kemukakan dua ciri morfologi yang membedakan antara anak-anak dan remaja

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar (KD) : 1.3 Mendeskripsikan system gerak pada manusia dan hubungan dengan

kesehatan

Indikator : 1. Membandingkan macam organ penyusun gerak pada manusia

2. Membedakan fungsi tulang keras, otot dan sendi sebagai rangka

tubuh

3. mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya

4. mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang

dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan dan upaya

mengatasinya

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Membedakan dan membandingkan macam-macam tulang

2. Membedakan macam-macam otot

3. Mendata kelainan atau penyakit yang berhubungan dengan alat gerak yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

B. Materi Pembelajaran

1. Sistem gerak pada manusia

C. Metode Pembalajaran

  1. Pendekatan
  2. Metode Pembelajaran

- Diskusi informasi

- Demonstrasi

  1. Model Pembelajaran

- Direct Instruction (DI)

- Cooperative Learning (CL)

- Kunjungan kelompok

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

Motivasi

Ø Coba sebutkan ciri-ciri manusia yang telah memasuki masa remaja

Ø Apakah yang dimaksud dengan osifikasi

a. Prasyarat Pengetahuan

Ø Peserat didik telah mengerti mengapa manusia dapat berjalan dan berdiri tegak

b. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Kelas dibagi dalam kelompok beranggota 5 siswa

b. Setiap kelompok diberikan lembar kegiatan berisis 5 pertanyaan (diskusi kelompok)

c. Salah satu anggota kelompok tinggal ditempat untuk menerima kunjungan dari kelompok lain

d. Anggota yang lain berkunjung ke kelompok lain

e. Selesai berkunjung anggota kelompok kembali ke kelompok semula, kemudia membahas jawaban berbeda

f. Guru membimbing diskusi kelompok dan diskusi kelas untuk menyimpulkan jawaban yang benar

3. Penutup

a. Guru bersama peserta didik mencoba menyimpulkan apa yeng telah mereke diskusikan

b. Kemudian mencoba membuat rangkuman hasil diskusi kelompok

E. Sumber Belajar

  1. Buku siswa
  2. LKS
  3. Charta
  4. Rangka Manusia

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Uraian
  3. Soal Instrumen

1. Apa perbedaan ciri antara tulang rawan dengan tulang keras?

2. jelaskan fungsi dari:

Ø Tulang rawan

Ø Tulang keras

Ø Otot

1. Sebutkan macam-macam persendian !

2. Sebutkan macam-macam sendi berdasarkan arah geraknya!

3. Jelaskan beberapa kelainan penyakit tulang akibat kesalahan gerak!

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar (KD) : 1.4 Mendeskripsikan system pencernaan pada manusia hubungannya dengan kesehatan

Indikator : 1. Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai pencernaan manusia

2. Mengidentifikasi jenis kelamin berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya

3. Mengidentifikasi makanan yang mengandung lemak, karbohidrat, dan protein

4. Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi, pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari upaya mengatasinya

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Menjelaskan pengertian proses pencernaan

2. Menjelaskan makanan dan fungsinya bagi manusia

3. Menjelaskan karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, dan air

4. Menjelaskan makanan bergizi

5. Menjelaskan manfaat kolostrum

6. Membedakan pencernaan secara mekanik dan kimiawi

7. Menyebutkan alat-alat pencernaan pada manusia

8. Menyebutkan kelenjar pencernaan pada manusia

9. Menuliskan rumus gigi anak-anak dan gigi orang dewasa

10. Menjelaskan fungsi mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, poros usus, dan anus.

11. Menyebutkan enzim pada lambung dan pancreas beserta fungsinya

12. Menyebutkan kelainan dan penyakit pada system pencernaan

B. Materi Pembelajaran

1. Sistem Pencernaan pada manusia

C. Metode Pembalajaran

1. Pendekatan

2. Metode Pembelajaran

- Diskusi kelompok

- Eksperimen

3. Model Pembelajaran

- Direct Instruction (DI)

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Ø Apakah sebelum berangkat sekolah anda telah searapn pagi?

b. Prasyarat Pengetahuan

Ø Bagaimanakah proses perjalanan makanan selesai sarapan pagi? Melalui saluran apa saja?

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik membedakan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan serta mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya

c. Peserta didik melakukan diskusi tentang system pencernaan pada manusia

d. Peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membut rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan tes secara lisan untuk system pencernaan pada manusia

Pertemuan 2

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Ø Apakah anak-anak memiliki gigi yan sehat dan rapi?

b. Prasyarat Pengetahuan

Ø Bagaimanakah pencernaan mekanik dan kimiawi?

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru memimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik membedakan pencernaan mekanik dan kimiawi serta contoh dan kelainan penyakit pada system pencernaan

c. Peserta didik melakukan diskusi tentang system pencernaan pada manusia

d. Peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan tes secara lisan untuk system pencernaan pada manusia

E. Sumber Belajar

1. Buku Paket sains SMP

2. LKS

3. Buku Referensi

4. Alat-alat praktikum

5. Charta

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes Tertulis

2. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda,Uraian Isian dan lisan

  1. Soal Instrumen

1. Makanan yang mengandung gizi apa saja yang dapat memberikan energi bagi tubuh kita?

2. Suatu bahan makanan mengandung 40 gram karbohodirat, 30 gram protein, 10 gram lemak, serta beberapa gram mineral dan vitamin. Berapa energi (dalam kalori) yang terkandung dalam bahan makanan tersebut?

3. Apakah yang kamu ketahui tentang kolostrum dan mengapa kolostrum sangat perlu diberikan kepada bayi yang baru lahir?

4. Apakah akibat bila seseorang kekurangan:

a. protein

b. fluor

c. vitamin C

5. Mengapa makanan yang kita makan sebaiknya dikunyah terlebih dahulu di dalam mulut sebelum kita telan?

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar (KD) : 1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan

hubungannya dengan kesehatan

Indikator : 1. Membedakan pernapasan dada dan pernapasan perut

2. Dengan melihat charta dapat menunjukkan bagian alveoluspada

paru-paru

3. Menyebutkan macam-macam penyakit pada alat pernapasan

mengatasinya

Alokasi Waktu : 3 JP

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan pengertian bernapas
  2. Menyebutkan organ-organ pernapasan pada manusia
  3. Menjelaskan pengertian pernapasan dada pada manusia
  4. Menjelaskan pengertian pernapasan perut pada manusia
  5. Menyebutkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pernapasan pada manusia

B. Materi Pembelajaran

1. Sistem pernapasan pada Manusia

C. Metode Pembalajaran

1. Pendekatan

2. Metode Pembelajaran

- Pembelajaran Langsung: Direct Instruction (DI)

- Diskusi Kelompok

- Eksperimen

3. Model Pembelajaran

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Ø Apakah yang kalian rasakan jika hidung terkena pilek?

b. Prasyarat Pengetahuan

Ø Bagaimanakah proses bernapas pada manusia?

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru memimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik melakukan diskusi tentang system pernapasan pada manusia

c. Guru membimbing siswa membedakan organ-organ pernapasan pada manusia

d. Guru membimbing peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membut rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan umpan balik secara lisan untuk system pernapasan pada manusia

Pertemuan 2

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Apakah yang terjadi jika berbicara sambil menelan makanan?

b. Prasyarat Pengetahuan

Bagaimanakah pengertian dari pernapasan

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru memimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik melakukan diskusi tentang system pernapasan pada manusia

c. Guru mebimbing siswa membedakan pernapasan dada dan pernapasan perut pda manusia

d. Guru membimbing siswa diskusi penyakit yang menyerang system pernapasan pada manusia

e. Guru membimbing peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan tes secara lisan untuk pernapasan dada dan pernapasan perut pada manusia

E. Sumber Belajar

1. Buku paket Sains SMP

2. LKS Cakra

3. Buku Sains Biologi 2 erlangga

4. Charta alat pernapasan

F. Penilaian

1. Teknik : Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen : Uraian, Isian dan lisan

3. Soal Instrumen

1) Tuliskan proses jalannya pernapsan dari rongga hidung sampai dengan alveolus!

2) Bedakan proses pernapasan dada dan pernapasan perut pada saat inspirasi dan ekspirasi

3) Sebutkan kerugian dari merokok!

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai system dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar (KD) : 1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan

hubungannya dengan kesehatan

Indikator : 1. Membandingkan macam organ penyusun system peredaran darah

pada manusia

2. Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah

dalam system peredaran darah

paru-paru

3. Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan system

peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Menjelaskan pengertian system pengangkutan

2. Menyebutkan organ-organ system peredaran darah pada manusia

3. Menjelaskan fungsi organ peredaearn darah jantung, pembuluh darah dan darah

4. Menjelaskan mekanisme peredaran darah besar dan kecil pada manusia

5. Menyebutkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan system peredaran darah pada manusia

B. Materi Pembelajaran

1. Sistem peredaran darah pada manusia

C. Metode Pembalajaran

  1. Pendekatan
  2. Metode Pembelajaran

- Pembelajaran Langsung: Direct Instruction (DI)

- Diskusi Kelompok

- Eksperimen

  1. Model Pembelajaran

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Mengapa darah kita berwarna merah?

b. Prasyarat Pengetahuan

Sistem transportasi yang terjadi pada manusia

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik melakukan diskusi tentang system pengangkutan pada manusia

c. Guru membimbing peserta didik membedakan organ-organ peredaran darah pada manusia

d. Guru membimbing peserta didik menyebutkan fungsi organ peredaran darah

e. Guru membimbing peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi.

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membut rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan umpan balik secara lisan untuk system peredaran darah pada manusia

Pertemuan 2

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Mengapa jantung kita selalu berdenyut terus?

b. Prasyarat Pengetahuan

Bagaimanakah pengertian dari perdaran darah

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik melakukan diskusi tentang system peredaran darah pada manusia

c. Guru membimbing peserta didik membedakan mekanisme peredaran darah besar dan kecil

d. Guru membimbing peserta didik diskusi penyakit yang menyerang system peredaran darah pada manusia

e. Guru membimbing peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan tes secara lisan untuk mekanisme darah besar dan kecil pada manusia

E. Sumber Belajar

1. Buku paket Sains SMP

2. LKS Cakra

3. Buku Sains Biologi 2

4. Charta alat pernapasan

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Uraian, Isian
  3. Soal Instrumen

1) Sebutkan organ peredaran darah manusia!

2) Sebutkan fungsi darah!

3) Sebutkan fungsi dari organ jantung dan pembuluh darah!

4) Jelaskan mekanisme peredaran darah besar dan kecil!

5) Sebutkan penyakit yang berhubungan dengan darah!

Tj Lalang, September 2008

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 2. Memahami dalam kehidupan tumbuhan

Kompetensi Dasar (KD) : 2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Indikator : 1. Menjelaskan struktur dan fungsi akar, daun, bunga dan biji

2. Membedakan struktur dan fungsi akar, daun, bunga dan biji

3. Membedakan peran xylem dan floem pada tumbuhan

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Menjelaskan struktur dan fungsi organ tumbuhan

2. Menyebutkan letak epidermis, stele, dan kortek pada tumbuhan

3. Menjelaskan fungsi dan letak mulut daun (stomata)

4. Menjelaskan peranan dari pembuluh xylem dan floem

B. Materi Pembelajaran

1. Struktur fungsi organ tumbuhan

C. Metode Pembalajaran

  1. Pendekatan
  2. Metode Pembelajaran

- Pembelajaran Langsung: Direct Instruction (DI)

- Diskusi Kelompok

- Eksperimen

  1. Model Pembelajaran

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Mengapa pada kayu jati terjadi garis-garis ,melingkar membentuk lingkaran tahun?

b. Prasyarat Pengetahuan

Mengetahui jaringan-jaringan penyusun pada tumbuhan?

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik melakukan diskusi tentang stuktur organ pada tumbuhan

c. Guru membimbing peserta didik menyebutkan fungi organ tumbuhan

d. Guru membimbing peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan umpan balik secara lisan untuk struktur organ pada tumbuhan

Pertemuan 2

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Mengapa air dan hara dapat mencapai daun yang tertinggi

b. Prasyarat Pengetahuan

Mengetahui proses difusi dan osmosis

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Guru membimbing peserta didik melakukan diskusi tentang jaringan angkut pada tumbuhan

c. Guru membimbing peserta didikmelakukan ekspereimen sisitem pengangkutan pada tumbuhan dengan menggunakan pohon keladi dan pewarna

d. Guru membimbing peserta didik merangkum atau menyimpulkan hasil diskusi berdasarkan eksperimen dilakukan

3. Penutup

a. Guru dan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan tes secara lisan untuk transportasi pada tumbuhan

E. Sumber Belajar

1. Buku paket Sains SMP

2. LKS Cakra

3. Buku Sains Biologi 2

4. alat dan bahan praktikum transportasi tumbuhan

F. Penilaian

1. Teknik : Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen : Uraian, Isian dan lisan

3. Soal Instrumen

1) Sebutkan organ pada tumbuhan!

2) Sebutkan fungsi akar pada tumbuhan!

3) Jelaskan peranan stomata daun!

4) Sebutkan fungsi dari pembuluh xylem dan floem pada tumbuhan!

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 2. Memahami dalam kehidupan tumbuhan

Kompetensi Dasar (KD) : 2.2 Memahami system dalam kehidupan tumbuhan

Indikator : 1. Menunjukkan bagian-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis

2. Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis

3. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Menunjukkan bagian-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis

2. Mnejelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

3. melakukan percobaan fotosintesis

4. Membuat laporan hasil percobaan fotosintesis

B. Materi Pembelajaran

1. Proses fotosintesis

2. Bagian-bagian daun yang berperan dalam proses fotosintesis

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

C. Metode Pembalajaran

  1. Pendekatan
  2. Metode Pembelajaran

- Pembelajaran Langsung: Direct Instruction (DI)

- Diskusi Kelompok

- Eksperimen

  1. Model Pembelajaran

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Menanyakan kepada peserta didik “Bagaoman cara tumbuhan hijau memperoleh makanan?

b. Prasyarat Pengetahuan

Tumbuhan hijau termasuk organisme autotrof

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok

b. Guru mempresentasikan sejarah penemuan fotosintesis

c. Guru menunjukkan bagian-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis dengan charta penampang melintang daun

d. Guru meminta peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok dan mengkaji pustaka tentang faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

e. Masing-masing kelompk mempresentasikan hasil diskusi

3. Penutup

a. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik

b. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang bagian-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis dan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis

c. Uji kompetensi lisan

- Tunjukkan bagan-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis dan fungsinya!

- Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis!

Pertemuan 2

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

- Apakah yang dihasilkan pada proses fotosintesis?

- Bagaimana cara untuk membuktikan bahwa fotosintesis mengahsilkan karbohidrat (gula/amilum)?

b. Prasyarat Pengetahuan

- Proses fotosintesis bukanlah reaksi tunggal, melainkan terdiri dari bebrapa tahap, reaksi yang kompleks, tuliskan reaksi fotosintesis tersebut!

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing siswa dalam pembentukan kelompok

b. Peserta didik dalam kelompok melakukan percobaan fotosintesis(uji amilum)dengan menggunakan alat dan bahan yangtelah disediakan

c. Guru membimbing siswa melakukan percobaan

d. Peserta didik mengamati dan menuliskan hasil percobaannya dalam tabel hasil pengamatan pada LKS

3. Penutup

a. Guru bersama peserta didk melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok

b. Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil diskusi kelas

c. Guru memberi tes untuk mengetahui daya serap dari materi yang telah dipelajari

E. Sumber Belajar

1. Buku paket Sains SMP

2. LKS Cakra

3. Charta struktur daun

4. alat dan bahan praktikum transportasi tumbuhan

F. Penilaian

1) Teknik : Tes tertulis

2) Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, dan Uraian

3) Soal Instrumen

1) Instrumen Pilihan Ganda

Bagian daun yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis adalah….

c. Kutikula c. stomata

d. Jaringan bunga karang d, epidermis bawah

2) Instrumen Tes Uraian:

Sebutkan 4 faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis!

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 2. Memahami dalam kehidupan tumbuhan

Kompetensi Dasar (KD) : 2.3 mengidentifikasi macam gerak pada tumbuhan

Indikator : 1. Mendeskripsikan macam gerak pada tumbuhan

2. Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dan gerak nasti

3. Melakukan percobaan dan membuat laporan hasil percobaan gerak

pada tumbuhan

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

1. Menyebutkan macam-macam gerak pada tumbuhan berdasarkan sumber rangsangannya

2. Memberikan contoh macam-macam gerak pada tumbuhan berdasarkan sumber rangsangannya

3. Membedakan gerak tropisme dan gerak nasti

4. Melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan bahwa tumbuhan peka terhadap rangsangan mekanik(sentuhan dan suhu)

5. Membuat laporan hasil percobaan

B. Materi Pembelajaran

1. Gerak Pada Tumbuhan

C. Metode Pembalajaran

  1. Pendekatan
  2. Metode Pembelajaran

- Observasi/pengamatan

- Diskusi, Tanya jawab

  1. Model Pembelajaran

- Direct Instruction

- Cooperatif Learning (CL)

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Menunjukkan tumbuhan Mimosa pudica dan menyentuhnya sehingga daun-daub dan cabanganya mengatup. Guru menanyakan pada peserta didik “Apakah nama tumbuhan tersebut dan keistimewaan gerak yang yang dimiliki tumbuhan tersebut?’

b. Prasyarat Pengetahuan

Perbedaan gerak pada tumbuhan dan gerak pada hewan

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru menyajikan informasi kepada siswa mengenai kegiatan yang akan dilakukan selama pembelajaran

b. Guru membimbing siswa dalam membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien

c. Guru membimbing siswa dalam melakukan observasi tentang macam-macam gerak pada tumbuhan dan membuktikannya dengan percobaan

d. Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil kegiatannya dalam diskusi

3. Penutup

a. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan hasil terbaik

b. Guru bersama peserta didik membuat rangkuman kesimpulan dari hasil kegiatan

c. Guru memberikan tugas di rumah untuk mengamati dan mencatat macam-macam gerak pada tumbuhan yang ada dilungkangan sekitarnya dan mengklasifikasikan berdasarkan sumber rangsanganya!

- Tunjukkan bagan-bagian daun yang berperan dalam fotosintesis dan fungsinya!

- Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis!

E. Sumber Belajar

  1. Buku paket Sains SMP VIII
  2. Lingkungan sekitar sekolah dan rumah

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda, Uraian
  3. Soal Instrumen

1. Gerak pada tumbuhan yang disebabkan karena rangsangan dari luar disebut….

a. Hidrotropisme c. Niktinasti

b. Kemotropisme d, Gerak etionom

2. Apakah perbedaan antara gerak tropisme dan gerak nasti? Jelaskan dengan contoh!

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 2. Memahami dalam kehidupan tumbuhan

Kompetensi Dasar (KD) : 2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang

dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Indikator : 1. Menjelaskan perbedaan antara hama dan penyakit

2. Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang

dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan pengertian hama tumbuhan
  2. Menjelaskan pengertian penyakit tumbuhan
  3. Membedakan antara hama dan penyakit tumbuhan
  4. Menyebutkan contoh organ tumbuhan yang biasa terserang hama dan penyakit berdasarkan pengalaman sehari-hari
  5. Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

B. Materi Pembelajaran

  1. Hama dan penyakit tumbuhan

C. Metode Pembalajaran

  1. Pendekatan
  2. Metode pembelajaran

- Diskusi kelompok

- Studi Pustaka

- Penugasan

  1. Model Pembelajaran

- Cooperatif Learning (CL)

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Guru menunjukkan contoh organ tanaman yang terserang penyakit dan bertanya kepada siswa apakah pernah menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari

b. Prasyarat Pengetahuan

Guru meminta siswa untuk menyebutkan macam-macam organ tumbuhan

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Guru memberikan arahan agar siswa membentuk kelompok belajar @ 5 anak

b. Guru meminta masing-masing kelompok melakukan studi pustaka untuk mencari pengertian hama dan penyakit tanaman serta mencari perbedaannya. Mendata hama dan penyakit tanaman yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

c. Guru meminta masing-masing kelompok untuk memperesentasikan hasil kajian pustakanya

d. Guru memberikan penghargaan kepada individu maupun kelompok yang kinerjanya bagus

3. Penutup

a. Guru membimbing siswa membuat rangkuman

b. Guru memberikan tugas rumah

E. Sumber Belajar

1. Buku paket Sains SMP VIII

2. Buku referensi lin yang relevan

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Uraian
  3. Soal Instrumen

1. Jelaskan pengertian hama dan penyakit tanaman!

2. Sebutkan organ tumbuhan yang biasa terserang hama dan penyakit!

3. Sebutkan contoh hama yang biasa menyerang tanaman!

4. Sebutkan contoh penyakit yang biasa menyerang organ tumbuhan!

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi

Kompetensi Dasar (KD) : 3.1 Menjelaskan konsep atom, ion dan molekul

Indikator : 1. Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, molekul)

2. Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri dari partikel materi

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan arti dari atom, ion, molekul
  2. Memberi contoh materi yang terdiri dari ion

B. Materi Pembelajaran

  1. Atom, ion, dan molekul

C. Metode Pembalajaran

  1. Model pembelajaran

- Kooperatif learning

- Direct Instruction (DI)

  1. Metode pembelajaran

- Penugasan

- Diskusi

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Apa yang dimaksud dengan atom?

b. Prasyarat Pengetahuan

Beri contoh materi yang terdiri dari ion!

c. Pra Eksperimen

2. Kegiatan Inti

a. Dengan bimbingan guru, peserta didik mendiskusikan tentang pengertian atom dan molekul

b. Peserta didik menyebutkan contoh materi yang terdiri ion

3. Penutup

a. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberikan tugas rumah

E. Sumber Belajar

1. Buku Kimia

2. LKS

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Uraian
  3. Soal Instrumen

1. Jelaskan pengertian dari molekul!

Molekul adalah partikel suatu zat yang masih dapat dibagi dan masih memiliki sifat aslinya. Score 3.

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi

Kompetensi Dasar (KD) : 3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk ki-

Mia sehari-hari

Indikator : 1. Menjelaskan hubungan atom, ion, dan molekul

2. Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan hubungan atom, ion, dan molekul
  2. Mendeskripsikan komponen, penyusun salah satu produk kimia

B. Materi Pembelajaran

  1. Hubungan atom, ion dan molekul

C. Metode Pembalajaran

  1. Model pembelajaran

- Kooperatif learning

- Direct Instruction (DI)

  1. Metode pembelajaran

- Tanya Jawab

- Diskusi

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Apa hubungan atom dengan molekul

b. Prasyarat Pengetahuan

Apa saja contoh molekul?

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik mendiskusikan tentang pengertian atom, ion, dan molekul

b. Dengan bimbingan guru peserta didik medeskripsikan atom, ion, dan molekul

3. Penutup

a. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/kesimpulan

b. Siswa diberi tugas membaca dirumah untuk materi selanjutnya

E. Sumber Belajar

1. Buku Kimia

2. LKS

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Uraian
  3. Soal Instrumen

Sebutkan komponen yang menyusun air CCU! ( Score 3)

Jawab : Hidrogen, Oksigen, Sulfur

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi

Kompetensi Dasar (KD) : 3.3 Membandingkan molekul unsure dengan molekul senyawa

Indikator : 1. Menjelaskan dengan symbol perbedaan unsure dengan molekul

senyawa

2. Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehiudupan

Sehari-hari

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan perbedaan molekul unsure dengan molekul senyawa
  2. Menyebutkan contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-sehari

B. Materi Pembelajaran

Perbandingan molekul unsure dengan molekul senyawa

C. Metode Pembalajaran

  1. Model pembelajaran

- Kooperatif learning

- Direct Instruction (DI)

  1. Metode pembelajaran

- Penugasan

- Diskusi

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Apa yang kamu ketahui tentang molekul unsur

b. Prasyarat Pengetahuan

Beri contoh molekul senyawa

2. Kegiatan Inti

a. Peserta didik dengan bimbingan guru, mendiskusikan tentang molekul unsure dan molekul senyawa

b. Peserta didik menyebutkan contoh-contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari

3. Penutup

a. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mendata contoh molekul senyawa dalam kehidupan sehari-hari

E. Sumber Belajar

  1. Buku Kimia
  2. LKS

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Uraian
  3. Soal Instrumen

Apa perbedaan molekul unsure dengan molekul senyawa? Dan beri contohnya!1

Kunci:

- Molekul unsure adalah zat tunggal yang terdiri dari 2 unsur atau lebih yang sama dengan reaksi kimia. Contoh O2 dan P4

- Molekul senyawa adalah zat tunggal yang terdiri dari 2 unsur atau lebih yang berbeda dengan reaksi kimia. Contoh CO2, H2SO­4

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar (KD) : 4.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia

dalam kehidupan sehari-hari

Indikator : 1. Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam

kehidupan sehari-hari

2. Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam

produk kebutuhan rumah tangga

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 X pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menyebutkan bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Menjelaskan efek samping bahan kimia

B. Materi Pembelajaran

Kimia Rumah Tangga

C. Metode Pembalajaran

  1. Model pembelajaran

Ø Kooperatif learning

Ø Direct Instruction (DI)

  1. Metode pembelajaran

Ø Disksui informal

Ø Pengamatan

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Pernakah kamu tahu bahan kimia yang ada disekitarmu?

b. Prasyarat Pengetahuan

Hati-hati dengan bahan kimia

2. Kegiatan Inti

a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok

b. Peserta didik dengan bimbingan guru mendiskusikan bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan

c. Disediakan bahan-bahan kimia

d. Peserta didik mendiskusikan tentang efek samping tiap-tiap bahan kimia

3. Penutup

a. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memberi tes lisan

E. Sumber Belajar

  1. Buku Kimia VII halaman 1 samapai dengan 22
  2. Kemasan suatu produk
  3. Bahan kimia

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
  3. Soal Instrumen

§ Sebutkan bahan-bahan kimia yang sering diguanakan dalam pembuatan kosmetik!

Kunci:

Hdriquinon, Mercuri, Tretinoin

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia alami davn bahan kimia buatan

Kompetensi Dasar (KD) : 4.3 Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan

dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan

Indikator : 1. Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan kimia buatan

Yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet

Dan penyedap yang terdapat pada bahan kimia

2. Menunjukkan contoh makanan yang mengguanakn bahan kimia

alami dan buatan

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan bahan-bahan kimia dan bahan kimia buatan
  2. Membedakan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan
  3. Menyebutkan contoh bahan kimia alami dan bahan kimia buatan
  4. Menjelaskan bahan kimia yang dapat digunakan pada makanan

B. Materi Pembelajaran

Bahan kimia alami dan buatan

C. Metode Pembalajaran

  1. Model pembelajaran

§ Kooperatif learning

§ Direct Instruction (DI)

  1. Metode pembelajaran

- Tanya jawab

- Diskusi

- Eksperimen

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Tahukah kamu tentang bahan kimia?

b. Prasyarat Pengetahuan

Hati-hati dalam pemakaian bahan kimia

2. Kegiatan Inti

a. Dengan bimbingan guru, peserta didik membentuk kelompok

b. Peserta didik mendiskusikan bahan kimia alami dan buatan yang dapat digunakan dalam kehidupan

c. Peserta didik mengkomunikasikan secara kelompok tentang bahan pengawet, pemanis, pewarna, dan penyedap

3. Penutup

a. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memebri tugas kepada peserta didik

Pertemuan 2

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Pernakah kamu makan makanan yang mengandung pewarna?

b. Prasyarat Pengetahuan

Sebutkan contoh bahan kimia yang terdapat pada minuman!

2. Kegiatan Inti

a. Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan

b. Peserta didik mengamati makan dan minuman yang mengandung bahan kimia

c. Peserta didik menyebutkan contoh bahan kimia alami dan bahan kimia buatan

3. Penutup

a. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari bahan

b. Guru memberi pertanyaan lisan

E. Sumber Belajar

  1. Buku Kimia VII halaman 49 samapai dengan 57
  2. Kemasan suatu produk

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis, Penugasan
  2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
  3. Soal Instrumen

a. Jelaskan bahan kimia alami yang dapat digunakan sebagai pengawet!

Kunci:

Bahan-bahan dari alam yang dapat digunakan untuk mengawetkan makanan atau minuman agar

tidak cepat atau basi

b. Kumpulkan kemasan makanan yang mencantumkan komponen penyusunnya!

Buat Laporan!

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia alami davn bahan kimia buatan

Kompetensi Dasar (KD) : 4.4 Mendeskripsikan sifat atau pengaruh zat adiktif pada psikotropika

Indikator : 1. Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika

2. Menjelaskan dampak negative zat adiktif (rokok dan minuman

keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan pengertian zat adiktif
  2. Menjelaskan pengertian zat psikotropika
  3. Menyebutkan dampak negative zat adiktif dan psikotropika

B. Materi Pembelajaran

Zat adiktif dan psikotropika

C. Metode Pembalajaran

  1. Model pembelajaran

- Kooperatif learning

- Direct Instruction (DI)

  1. Metode pembelajaran

- Diskusi

- Presentasi

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Tahukah kamu tentang bahaya merokok

2. Kegiatan Inti

a. Dengan bimbingan guru, peserta didik membentuk kelompok

b. Peserta didik dengan bimbingan guru mendiskusikan pengertian zat adiktif dan psikotropika

c. Peserta didik mendikusikan dan mengkomunikasikan secara kelompok tentang dampak negative negative zat adiktif

3. Penutup

a. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memebri tugas kepada peserta didik

E. Sumber Belajar

  1. Buku Kimia VII halaman 75 samapai dengan 87
  2. Bahan-bahan kimia

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis, pilihan ganda
  2. Bentuk Instrumen : Tes Tertulis
  3. Soal Instrumen

a. Apa yang dimaksud dengan zat adiktif?

Kunci:

Zat adiktif adalah suatu zat yang dapat menimbulkan sifat ketergantungan atau kecanduan pada

pemakainya

b. Dalam dunia laboratorium Depresan digunakan sebagai:

a. Obat tidur c. Penawar rasa sakit

b. Obat penenang d. Obat bius

Kunci B

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMPN 3 Tanjung Agung

Kelas/Semester : VIII (delapan)/Semester 1

Mata Pelajaran : IPA TERPADU

Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia alami davn bahan kimia buatan

Kompetensi Dasar (KD) : 4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika

Indikator : 1. Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif dan

psikotropika

2. Mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dibidang

kesehatan

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan cara menghindari zat adiktif
  2. Menjelaskan cara menghindari zat psikotropika
  3. Mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan

B. Materi Pembelajaran

Cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika

C. Metode Pembalajaran

  1. Model pembelajaran

- Kooperatif learning

- Direct Instruction (DI)

  1. Metode pembelajaran

- Diskusi

- Tanya jawab

- Penugasan

D. Langkah-Langkah

Pertemuan 1

1. Kegiatan Pedahuluan

a. Motivasi

Tahukah kamu tentang bahaya minuma keras?

b. Prasyarat pengetahuan

Hati-hat dengan zat adiktif, dan psikotropika

2. Kegiatan Inti

a. Dengan bimbingan guru, peserta didik membahas zat adiktif dan psikotropika

b. Peserta didik mendiskusikan cara-cara menghindari diri dari zat adiktif dan psikotropika

c. Peserta didik membuat data zari zat adiktif dan psikotropika yang dapat digunakan di bidang kesehatan

3. Penutup

a. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman/kesimpulan

b. Guru memebri tugas kepada peserta didik

E. Sumber Belajar

  1. Buku Kimia
  2. Bahan-bahan kimia

F. Penilaian

  1. Teknik : Tes tertulis
  2. Bentuk Instrumen : Tes uraian
  3. Soal Instrumen

a. Bagaimana cara agar terhindari dari zat adiktif dan psikotropika, jelaskan!

Kunci:

- Mengenali jenis-jenis zat adiktif dan psikotropika

- Mencari informasi dampak positif dan dampak negative dari zat adiktif dan psikotropika

- Memiliki kemauan untuk menghindari dari zat tersebut

Scor: 3

Mengetahui, Pengawas Pembina Tanjung Agung, Juli 2009

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

ISTATI, S.Pd DIANA, S.Pd

NIP. 196508161986012001 NIP.197512112006042023

Selengkapnya...